Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berlokasi di Jawa Timur yang tumbuh dengan sangat pesat. Umsida berkomitmen menjadi Perguruan Tinggi  unggul dan inovatif dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) berdasarkan nilai-nilai Islam untuk kesejahteraan masyarakat.

Umsida, sebagai penyelenggara pendidikan dan pengajaran profesional, terus mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia dengan meningkatkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga dapat berperan aktif dalam proses pembangunan bangsa, melahirkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

Umsida menyadari sepenuhnya bahwa dirinya merupakan bagian tak terpisahkan dari masyarakat global, karena itu Umsida terus meningkatkan kerjasama dan konsolidasi dengan berbagai lembaga baik di dalam maupun luar negeri. Upaya tersebut telah dilakukan sejak 1984 sehingga Umsida mampu bersinergi dalam pengembangan dan peningkatan tata kelola kelembagaan. Karena itulah, mulai 2012 lalu Umsida memiliki 3 kampus. 1. Kampus Sidowayah berada di Jalan Mojopahit 666 B Sidoarjo; 2. Kampus Gelam berada di Jalan Raya Gelam  no. 250 Candi, Sidoarjo; 3. Kampus Pilang berada di Jl. Raya Rame 4, Pilang Wonoayu, Sidoarjo.

Direktorat Pengembangan Sumberdaya Manusia (DPSDM) merupakan unit kerja yang terbentuk sejak 2016 yang merupakan pengembangan dari bagian kepegawaian di Biro Administrasi Umum (BAU).

Selama menjalankan aktifitas pengembangan SDM baik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, DPSDM senantiasa berkoordinasi dengan unit-unit kerja terkait seperti Pusdasim, DKB, DA, DRPM, LIK, dan Fakultas. Program kerja yang sudah berjalan pada tahun pertama ini DPSDM mulai menyusun dan membenahi peraturan-peraturan dan administrasi tentang kepegawaian. Program rekrutmen, pembinaan dan pengembangan dosen dan tenaga kependidikan DPSDM selalu melibatkan unit kerja terkait. DPSDM sudah mulai melakukan pembinaan terhadap dosen dan karyawan melalui evaluasi kinerja, penghargaan dan sanksi bagi pegawai.